My name is MAULIDIA

Senin, 02 April 2012

Tools Pengembangan Web GIS Open source & Lisensi

  • PENGERTIAN WEB GIS

WebGIS merupakan aplikasi Geographic Information System (GIS) yang dapat diakses secara online melalui internet / web. Pada konfigurasi WebGIS ada server yang berfungsi sebagai MapServer yang bertugas memproses permintaan peta dari client dan kemudian mengirimkannya kembali ke client. Dalam hal ini pengguna / client tidak perlu mempunyai software GIS, hanya menggunakan internet browser seperti Internet Explorer, Mozilla Fire Fox, atau Google Chrome untuk mengakses informasi GIS yang ada di server.

  • KONSEP DASAR WEB GIS

KONSEP DASAR WEB GIS Tags: Applikasi, GIS, Map, Peta, WEB1PengantarGeographic Information System (GIS) merupakan sistem yang dirancang untuk bekerja dengan data yang tereferensi secara spasial atau koordinat-koordinat geografi. GIS memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan data dan melakukan operasi-operasi tertentu dengan menampilkan dan menganalisa data. Applikasi GIS saat ini tumbuh tidak hanya secara jumlah applikasi namun juga bertambah dari jenis keragaman applikasinya. Pengembangan applikasi GIS kedepannya mengarah kepada applikasi berbasis Web yang dikenal dengan Web GIS.


  • Perbedaan lisensi dan open source

Lisensi adalah pernyataan hak cipta. Lisensi Software proprietarymenyatakan siapa pun tidak boleh menggunakan tanpa izin (membayar lisensi),tidak boleh menggandakan, tidak boleh memodifikasi program dsb.

Open Source mengarah pada istilah Open Source Software (OSS) atauperangkat lunak terbuka, yakni perangkat lunak yang kode sumber programnyatidak dirahasiakan. Perangkat lunak atau program komputer itu dapat berbentukkode sumber yang dapat dipahami cara kerjanya oleh manusia, dan kode mesin(binary ) yang hanya dapat dijalankan oleh mesin komputer ( processor ).Pembuatan OSS biasanya didanai oleh banyak perusahaan/institusi danperorangan dengan kesepakatan untuk dijadikan software merdeka.Pengembang OSS menyediakan kode sumber program di internet atau CD/DVD,sehingga orang lain dapat mempelajari cara kerjanya, dapat memperbaiki ataumengembangkan lebih lanjut, dan tentu juga dapat menggunakan, serta dapatmenyebarluaskan. Pembuat OSS medapatkan bayaran dari membuat softwaredan pekerjaan lain terkait software itu, bukan menjual lisensi

Software WebGIS berbayar

ESRI ArcGIS Server
DEMIS
GeoMedia WebMap
MapInfo MapXtreme

Open source


SGeo Live 5.0

SAGA GIS.

MS4W (MapServer For Windows)

PostgreSQL


referensi : http://www.inigis.com/category/open-source-gis

http://www.inigis.com/tutorial-webgis-dalam-bahasa-indonesia/822

http://dragonfly1st.blogspot.com/2011/12/konsep-dasar-web-gis.html

http://mierzh.wordpress.com/2012/03/30/alamat-website-dengan-aplikasi-webgis/

http://www.scribd.com/doc/87447142/Open-Source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tolong beri comment"y yah
thx.... ^^