My name is MAULIDIA

Kamis, 27 Mei 2010

MOUSE

Mouse (komputer)

Dalam komputasi , seorang (jamak tikus mouse, mouse, atau perangkat mouse.) merupakan perangkat penunjuk yang berfungsi dengan mendeteksi dua-dimensi gerak relatif untuk mendukung permukaannya. Secara fisik, mouse terdiri dari suatu obyek yang diselenggarakan di bawah salah satu tangan pengguna, dengan satu atau lebih tombol (Meskipun tombol tradisional biasanya bundar atau persegi, tikus musim semi modern daerah-dimuat dari permukaan atas mereka yang beroperasi aktif saat menekan ringan.) Kadang-kadang fitur elemen lain, seperti "roda", yang memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai tergantung pada sistem operasi, atau tombol tambahan atau fitur yang dapat menambah kontrol yang lebih atau input dimensi. mouse's motion biasanya diterjemahkan ke dalam gerak sebuah kursor pada layar , yang memungkinkan untuk mengontrol denda Graphical User Interface .

Nama mouse berasal di Stanford Research Institute dan berasal dari kemiripan model awal yang memiliki kabel menempel pada bagian belakang perangkat (yang menunjukkan ide ekor) ke umum mouse .

Yang pertama dipasarkan terintegrasi mouse - dikirim sebagai bagian dari komputer dan ditujukan untuk navigasi komputer pribadi - datang dengan Xerox 8010 Star Information System pada tahun 1981. Namun, mouse yang relatif tetap tidak jelas sampai munculnya Apple Macintosh ; pada tahun 1984 PC kolumnis John C. Dvorak acuh komentar pada rilis ini komputer baru dengan tikus: "Tidak ada bukti bahwa orang-orang yang ingin menggunakan hal-hal ini.

mouse A sekarang dilengkapi dengan komputer yang paling pribadi dan mereka secara luas tersedia untuk pembelian terpisah.

Teknologi


File: Datar trackball.jpg
dunia pertama trackball ditemukan oleh Tom Cranston, Fred Longstaff dan Kenyon Taylor bekerja di Royal Canadian Navy's Datar proyek pada tahun 1952.Itu menggunakan standar Kanada lima-pin bowling bolaBukan dipatenkan, karena merupakan proyek militer rahasia.

File: Mouse-hak paten-englebart-rid.png
Dari kiri ke kanan: roda lagu Menentang oleh Engelbart, Nov 1970, US Patent 3.541.541 . Bola dan roda oleh Rider, September 1974, US Patent 3.835.464 . Ball dan dua rol dengan musim semi oleh Opocensky, Oktober 1976, US Patent 3.987.685


File: Firstmouseunderside.jpg
Mouse komputer pertama, yang diselenggarakan oleh penemu Douglas Engelbart , memperlihatkan roda yang membuat kontak dengan permukaan kerja


File: SmakyMouseAG.jpeg
Sebuah Smaky mouse, sebagai diciptakan di EPFL oleh Jean-Daniel Nicoud dan André Guignard

mouse pertama pada tahun 1963 dengan bantuan rekannya Bill bahasa Inggris . Engelbart tidak pernah menerima royalti untuk itu, sebagai patennya berlari keluar sebelum menjadi banyak digunakan di komputer pribadi.

Penemuan mouse hanya sebagian kecil yang jauh lebih besar proyek Engelbart, yang bertujuan untuk menambah kecerdasan manusia.

Sebelas tahun sebelumnya, Royal Canadian Navy telah menemukan trackball menggunakan Kanada lima-pin bowling bola sebagai user interface untuk mereka Datar sistem.

Beberapa lainnya percobaan menunjuk-perangkat yang dikembangkan untuk Engelbart's On-Line System ( NLS ) dieksploitasi gerakan tubuh yang berbeda - misalnya, kepala-mount perangkat yang melekat pada dagu atau hidung - tapi akhirnya mouse menang karena kesederhanaan dan kenyamanan. Mouse pertama, perangkat besar (digambarkan) menggunakan dua roda gigi saling tegak lurus: rotasi setiap roda diterjemahkan ke dalam gerakan sepanjang satu sumbu .Engelbart menerima paten US3541541 pada tanggal 17 November 1970 untuk sebuah XY Posisi "Indikator Sistem Tampilan.Pada waktu itu, Engelbart dipertimbangkan bahwa pengguna akan terus mouse terus menerus pada satu tangan dan jenis pada lima kunci keyset akord dengan yang lain. Konsep ini diawali pada abad ke-19 oleh telautograph , yang juga mengantisipasi mesin faks .


Referensi:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tolong beri comment"y yah
thx.... ^^